Kamis, 27 Maret 2014


CONTOH RESENSI NOVEL DAN ANALISIS ESSAI
Oleh : Inong

RESENSI NOVEL

Hidup Tak Semanis Gulali
Judul Buku                : Cinta Tanpa Jeda
Pengarang                  : Endah Hanaco
Penerbit                      : Bukuné
Tahun Terbit             : 2012
Tempat Terbit           : Jakarta
Tebal Buku                : 2 cm
Jumlah Halaman       : 276 halaman

                  Bagi Maya muda, “psokolog” adalah kata yang sangat mewakili makna dari “cita – cita”. Nyatanya? Hidup memang belantara kejutan tanpa petunjuk secuilpun. Tidak ada kompas di sini.
                  Novel berjudul Cinta Tanpa Jeda merupakan novel yang bercerita mengenai kehidupan redup dan terang seorang model dan artis terkenal bernama Maya alias Mae yang dikemas secara sederhana namun memiliki makna yang universal. Sang penulis mampu mengajak pembaca menjadi “bertanya – tanya” akan masa lalu dan lika – liku hidup Mae sebelum dia menjadi bintang terkenal. Permainan alur cerita yang menarik dan mampu membawa penonton menjadi penasaran akan kehidupan sang artis ternama. Banyak petuah hidup yang dapat kita petik dari setiap cerita dalam novel ini. “Ternyata, Tuhan memang Maha Adil dengan cara yang begitu misterius.” adalah salah satu kalimat petuah yang pas dalam novel ini. (inong)

ANALISIS ESAI

Judul Esai      : Inflasi dan Larangan Impor Buah
Penulis            : NN (no name)
Jenis Esai       : Esai Tajuk
Sumber           : Koran Tribun Jogja edisi Senin Pahing 4 Maret 2013

INFLASI DAN LARANGAN IMPOR BUAH

Bagian Esai :
a.      Pendahuluan
Berisi latar belakang informasi yang mengidentifikasi subyek bahasan dan pengantar tentang subyek yang akan dinilai oleh si penulis tersebut.
Penjelasan : (paragraf pertama)
Laju inflasi pada Februari 2013 mencapai 0,75 persen. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), ini merupakan angka inflasi tertinggi dibandingkan bulan – bulan yang sama dalam 10 tahun terakhir. Menteri Keuangan (Menkeu) yang sedang dicalonkan untuk menjadi Gubernur Bank Indonesia ini, perkiraan maksimumnya inflasi pada Februari adalah 0,4 pesen.
b.      Isi
Menyajikan seluruh informasi tentang subyek.
Penjelasan : (paragraf kedua sampai paragraf ketujuh)
Dalam penjelasannya, BPS mengungkapkan, tingginya tingkat inflasi Februari terkait dengan kebijakan pemerintah yang melarang impor 13 jenis hortikultura,dst.

c.       Penutup
Bagian yang memberikan kesimpulan dengan menyebutkan kembali ide pokok, ringkasan dan harapan.
Penjelasan : (paragraf kedelapan sampai paragraf kesembilan)
Kalau negara – negara lain bisa memberi kemudahan atau perlakuan khusus bagi petani hortikulturanya, semestinya buah – buah lokal Indonesia juga mendapat perlakuan yang sportif seperti itu, dst.




Pendapat Pribadi :
            Menurut saya, esai yang saya pilih tersebut merupakan esai yang berjenis esai tajuk. Esai tajuk merupakan esai yang dapat dilihat dalam surat kabar dan majalah. Esai ini mempunyai satu fungsi khusus, yaitu menggambarkan pandangan dan sikap surat kabar atau majalah tersebut terhadap satu topik dan isu dalam masyarakat. Dengan esai tajuk, surat kabar tersebut membentuk opini pembaca. Tajuk surat kabar tidak perlu disertai dengan nama penulis. (http://www.pemustaka.com/pengertian-esai-dan-ciri-cirinya.html)
Esai yang disajikan masih berhubungan dengan dunia ekonomi politik dan menyorot nama tokoh atau lembaga tertentu dalam penguraiannya. Singkat, namun berisi informasi yang menambah pengetahuan mengenai topik yang dianggkat bagi pembacanya. Selain itu, kata – kata yang dirangkai dengan tidak bertele – tele mampu mempengaruhi pandangan pembaca mengenai topik yang dibahas dalam esai tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar